kamus filsafat - cari istilah :

Minggu, 08 Maret 2009

ABSOLUT, SANG

Inggris: the absolute.

Beberapa Pengertian

  1. Realitas dasar, Dasar Dunia, atau Prinsip Kosmis yang merupakan asal-usul eksistensi dan semua kegiatannya, kesatuan dan keberagamannya.
  2. Yang-ada yang tidak menggantungkan keberadaan dan kegiatannya pads sesuatu yang lain. Sebaliknya, segala sesuatu lainnya menggantungkan keberadaan dan kegiatannya pads Yang-ada ini. Dan segala sesuatu lainnya akhirnya dapat dikembalikan pads Yang-ada ini.
  3. Keseluruhan organis dan pemikiran yang ada dalam proses aktua lisasi dan pemenuhan semua eksistensi yang sementara dan terbatas.
  4. Realitas (Yang-ada, Substansi) sebagaimana ada dalam dirinya sendiri, yang berlawanan dengan segi yang tampak dari realitas itu.
  5. Realitas yang memuat segala sesuatu yang terbatas.
  6. Konsep yang digunakan dalam filsafat idealis untuk menunjukkan subyek yang kekal, tidak terbatas, tidak bersyarat, sempurna dan tidak berubah. Subyek ini tidak bergantung pads yang lain. Di dalam dirinya terkandung segala sesuatu yang berada dan menciptakan segala sesuatu yang ada. Dalam agama, Sang Absolut adalah Tuhan (Allah). Dalam Fichte, Sang Absolut adalah EGO. Dalam Hegel, Sang Absolut adalah Rasio Dunia (roh mutlak). Dalam Schopenhauer, Sang Absolut adalah Kehendak. Dalam Bergson, Sang Absolut adalah Intuisi.


 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut