kamus filsafat - cari istilah :

Minggu, 08 Maret 2009

ABSOLUT

Inggris: absolute. Latin: abiolumi. Kata, abiolutus merupakan bentuk partisipium perfek dari kata abjohm. Kata kerja absohm merupakan penggabungan dua kata ab yang berarti "dari" dan solivy yang berarti "membebaskan", "menyelesaikan". Absolut secara harfiah berarti "terlepas dari", "bebas dari". Kata Latin abiolutui berarti pula "yang sempurna" atau "lengkap". Dalam pengertian ini, bila sesuatu disebut absolut, berarti sesuatu itu tidak membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna. Alasannya, sesuatu itu sudah sempurna dari dirinya sendiri. Dalam arti ini kata absolut berlawanan dengan relatif, artinya tidak mempunyai relasi apa-apa dengan yang lain. Sehubungan dengan ini istilah ini mempunyai arti: tertentu, pasti; mandiri, lengkap, total.


Beberapa Pengertian

  1. Bebas dari keterbatasan-keterbatasan, kualifikasi atau pembarasan-pembatasan (Ada Absolut; Keindahan Absolut; Kebaikan Absolut; Otoritas Absolut).
  2. Independen dan tidak bersifat relatif, bebas dari (Tempat yang absolut, waktu yang absolut).\
  3. Bebas dari variabilitas, perubahan, kesesatan. (Itu kebenaran absolut).Pasti dan benar tanpa syarat. (Materi bersifar fisis merupakan suatu pernyataan tentang sesuatu yang absolut).
  4. Tidak semaunya atau relatif, melainkan nyata secara obyektif dan dapat diterapkan. (Dalam estetika, proporsionalitas, simetri, harmoni, konsistensi, kesatuan dalam keragaman, kekayaan imajinasi, merupakan bcberapa standar absolut yang dipergunakan untuk menilai suatu nilai karya seni.)
  5. Tidak sewenang-wenang, tetapi mengikat secara purna dan universal. (Dalam etika, misalnya, terdapat "kewajiban absolut".)
  6. Dalam metafisika, absolut dipakai bersama konsep-konsep kepurnaan seperti totalitas, kesempurnaan, independensi, realitas obyektif; apa yang tidak diasalkan, tidak dikondisikan, tidak disebabkan, tidak berubah, tidak diragukan, murni, positif, tunggal, universal.
  7. Dari sudut pandangan konseptual, "absolut" adalah sesuatu yang dapat didefinisikan tanpa acuan kepada yang lain.
  8. Mengenai eksistensi, "absolut" adalah: a) apa saja yang mempunyai eksistensi dalam dirinya sendiri sebagai substansi atau sebagai apa yang disebut aksiden absolut; b) apa saja yang tidak direntukan oleh substansi yang lain; c) bentuk eksistensi yang tidak mempunyai hubungan real dengan yang lain

(sang absoult).

9. Dari sudut pandangan keabsahan, "absolut" adalah sesuatu yang mempunyai arti atau nilai tanpa tergantung pads kondisi spa saia.

Pandangan Beberapa Filsuf

Dalam filsalat istilah absolut digunakan pertama-tama dalam sistem-sistem metafisika. Juga digunakan dalam teori nilai dan misalnya, waktu, ruang, nilai, kebenaran, dan Allah.

1. Nikolaus dari Kusa memperkenalkan istilah Sang Absolut untuk Allah. Sang Absolut merupakan kata benda yang menggantikan nama Allah. la menganggap Allah sebagai Absolut Maksimum maupun Absolut Minimum.

2. Descartes menerapkan istilah ini pada prinsip yang jelas dengan sendirinya daan proposisi yang telah dibuktikan, yang dapat digunakan dalam mendeduksi pemecahan masalah selanjutnya.

3. Fichte menerapkan istilah ini pada ego sebagai daya pemrakarsa pengetahuan dan realitas.

4. Hegel menggunakan istilah ini untuk entitas pokok dalam sistemnya, yakni Roh Absolut. Roh ini mempunyai dimensi kebenaran absolut dan keindahan absolut. Dalam penggunaan ini istilah ini masuk khazanah pemikiran idealisme abad ke-19 dan terus memberi ciri pada pengikut aliran ini hingga abad ke-20. Dalam sebagian besar penggunaannya oleh para filsuf idealis, istilah ini dipakai dalam arti orisinal Latin, yang menunjukkan suatu kescluruhan dan kelengkapan realitas, yang kiranya terletak di luar dunia pengalaman kita.

5. Filsuf Rusia, Soluviev, menyamakan Absolut dengan realitas, yang dianggapnya sebagai suatu organisms hidup. Belakangan digunakan dalam Filsafat Timur (Sri Aurobindo) sebagai istilah lain untuk Brahman.




1 komentar:

Pengikut